October 6, 2022

QR Code adalah teknologi evolusi dari kode batang atau barcode. Melansir dari Govtech Singapore, awalnya QR Code sering digunakan di Jepang. Mereka percaya bahwa QR Code memiliki kemampuan yang lebih canggih daripada barcode. Hal itu karena QR Code dianggap mampu menampung data yang jauh lebih besar dibandingkan dengan barcode.

Namun, tidak hanya Negeri Sakura, saat ini di berbagai negara, termasuk Indonesia, sudah menggunakan QR Code untuk berbagai kebutuhan. Keperluan bisnis, registrasi, belanja online, brosur, maupun yang kebutuhan lainnya mengusung QR Code untuk memudahkan kegiatan.

Bahkan, saat ini semua orang sudah bisa membuat QR Code sendiri untuk berbagai kepentingan. Sehingga Anda bisa dengan mudah menciptakan QR Code tanpa bantuan berbayar.

Banyak situs pembuat QR Code yang bisa Anda coba hanya dengan mencantumkan tautan yang akan dicetak menjadi QR Code. Mengutip dari laman qr-code-generator.com, berikut adalah cara membuat QR Code secara online:

  • Pilih Situs QR Code Generator. Anda bisa memilih situs penyedia jasa untuk membuat QR Code. Ada beberapa situs yang bisa Anda coba, seperti situs Kaywa, GOQR, Visualed, QR Code Generator, dan QF Stuff. Anda tidak perlu mengunduhnya, cukup dengan mengunjungi situsnya saja Anda sudah bisa melakukan pembuatan QR Code baru.
  • Untuk melakukan pembuatan QR Code melalui situs QR Code Generator, pilih URL di tab pemilihan Kode QR.
  • Pada bidang yang muncul di bagian bawah tab, masukkan URL atau alamat situs web yang Anda inginkan untuk dikunjungi oleh audiens atau pelanggan Anda. Anda dapat menyalin alamat web dari bilah alamat dan menempelkannya ke bidang. Kode QR Anda akan dibuat secara otomatis.
  • Pilih menu Unduh jika Anda memilih untuk tidak melakukan perubahan desain apa pun dan hanya memerlukan Kode QR hitam putih standar. File gambar yang diunduh dalam format JPG yang dapat dengan mudah ditambahkan ke desain apa pun yang ada.

Jika bosan dengan desain QR Code yang sama seperti umumnya, Anda juga bisa membuat kombinasi desain CR Code yang unik dan menarik. Anda bisa menambahkan beberapa elemen dan mengubah warnanya. Untuk melakukannya, Anda bisa mencoba beberapa langkah berikut:

  • Gunakan bingkai dengan teks ajakan bertindak (CTA).

Dengan menambahkan bingkai untuk Kode QR agar “tetap aktif”, maka orang-orang akan tertarik dengan QR Code yang Anda buat. Pilih dari berbagai bingkai dengan teks “Pindai Saya” yang mendorong orang untuk menekannya.

  • Ubah bentuk Kode QR

Anda juga bisa mengubah bentuk QR Code yang ada dalam kotak kecil berpiksel. Dengan begitu, tampilan QR Code milik Anda akan berbeda dari milik pesaing Anda.

  • Tentukan warna sesuai selera

Anda dapat memilih dari sebanyak 16.777.216 resolusi warna HEX menggunakan notasi #RRGGBB. Dengan banyaknya suguhan warna ini, Anda bisa memilih warna yang Anda suka. Namun, supaya QR Code bisa tetap aman untuk dipindai, pilih warna yang cenderung gelap.

  • Tambahkan logo

Anda bisa memilih logo “Scan Me” untuk diletakkan di bagian tengah QR Code. Anda juga bisa mengunggah logo Anda sendiri saat mendaftar. Dengan menggunakan logo sendiri, Anda dapat membangun kepercayaan konsumen atau audiens.

Itulah beberapa cara membuat QR Code secara online yang bisa Anda coba. Melalui cara-cara yang terbilang mudah, Anda sudah bisa memiliki QR Code sendiri dengan desain yang sesuai selera Anda.