June 27, 2022

Memiliki penampilan awet muda dan sehat tentu menjadi salah satu impian sebagian besar orang. Meski penuaan tidak bisa dihindari, namun kekhawatiran seperti munculnya kerutan hingga beberapa garis halus dapat ditunda agar tidak muncul di wajah dengan cara mengatasi penuaan dini secara alami.

Umumnya, penuaan dini terjadi di usia muda dengan tanda-tanda timbulnya kerutan, keriput, bintik-bintik penuaan, kulit mengendur dan sebagainya. Selain usia, masalah paparan sinar UV, stres, kurang tidur, darah tinggi, jarang membersihkan wajah, tidak rutin menggunakan pelembap dan kurang mengonsumsi makanan sehat menjadi masalah yang bisa meningkatkan risiko penuaan dini.

Dengan demikian, salah satu solusi yang dapat diterapkan Sahabat Fimela adalah melakukan pencegahan penuaan dini dengan bahan alami. Berikut sejumlah bahan alami yang bisa cegah penuaan dini yang telah Fimela rangkum dari beberapa sumber, Kamis (25/11).

1. Madu

Madu merupakan pelembap alami yang kaya akan antioksidan, di mana antioksidan tersebut dapat membantu memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas pada kulit serta membantu meremajakannya. Jika memberikan pelembap dengan rutin pada kulit, maka ini mampu memperlambat pembentukan garis dan kerutan.

Caranya adalah mengoleskan madu secukupnya pada wajah dan leher, pijat selama satu atau dua menit dan biarkan selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas dengan air. Lakukan ini setiap hari atau setiap dua hari sekali agar dapat hasil optimal.

2. Putih Telur

Dilansir Stylecraze, putih telur adalah pembangkit tenaga agen anti-penuaan seperti asam lemak omega-3, protein dan seng. Biasanya, putih telur juga dikenal guna mengencangkan dan menghaluskan kulit. Selain itu, putih telur mampu menangkal radikal bebas dalam mencegah kerusakan kulit serta tanda-tanda penuaan.

Bahan yang diperlukan adalah 1 putih telur dan ½ sdt krim susu serta 1 sdt jus lemon. Campurkan semua bahan dalam satu wadah kemudian oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin dan ulang perawatan ini setiap tiga hari sekali.

3. Tomat

Rajin mengonsumsi tomat atau memanfaatkannya sebagai masker bisa jadi cara mencegah penuaan dini. Hal tersebut dikarenakan tomat kaya akan beta-karoten dan likopen yang mampu mengatasi kerusakan akibat bahayanya sinar matahari. Garis-garis halus, kerutan, bintik-bintik penuaan ini dapat dikurangi serta diringankan dengan masker tomat.

Cara mencegah penuaan dini dengan tomat hanya dengan memotong satu tomat kecil menjadi dua, gosokkan pada dahi selama satu menit dan biarkan selama 5 menit. Kemudian, bilaslah dengan air.

4. Wortel dan Kentang

Wortel yang kaya akan vitamin A ini dapat membantu meningkatkan produksi kolagen di kulit. Kolagen akan membuat kulit kencang dan mencegah kerutan sehingga kulit tampak muda dan bercahaya. Sementara, kentang merupakan bahan alami yang bisa mencegah anti-aging dengan hebat. Sebab, kentang bisa membantu memudarkan kerutan serta meratakan warna kulit.

Rebuslah wortel dan kentang, lalu potong kecil-kecil. Hancurkan hingga halus, kemudian tambahkan sejumput kunyit dan soda kue lalu aduk rata dengan air. Oleskan ke seluruh wajah dan biarkan selama 20 menit. Setelahnya, bilas dengan air hangat. Lakukan sebanyak dua kali seminggu.

5. Pisang

Pisang dapat dimanfaatkan sebagai masker wajah. Karena buah yang satu ini memiliki kandungan nutrisi yang dapat membantu menyamarkan noda hitam, menghilangkan kerutan dan garis halus di wajah. Pisang memiliki kandungan vitamin A dan vitamin E yang baik dalam mencegah penuaan dini dan membantu melembapkan kulit wajah, dikutip merdeka.com.

Cara membuat masker pisang adalah dengan menghancurkan pisang secukupnya dengan tambahan 1 sendok air mawar. Kemudian, aplikasikan di wajah dan biarkan mengering selama 15 hingga 30 menit.

6. Alpukat

Masker alpukat dipercaya bisa membantu mencegah anti-aging. Buah alpukat sendiri dianggap sebagai makanan super yang mengandung karotenoid dan vitamin E. Komponen tersebut membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Cara membuat bahan alami dari alpukat dengan menghaluskan setengah buah alpukat dalam mangkuk dan tambahkan 1 sendok oats ke dalamnya. Oleskan masker ke wajah dan diamkan 10 hingga 20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Ulang kegiatan ini sekitar 2-3 kali seminggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.